Kamis, 21 Mei 2009

Internet Untuk Memperoleh Informasi

A. Mengakses Internet

Untuk mengakses sebuah informasi,seorang pengguna harus mengaitkan diri pada suatu alamat sumber di internet.supaya tindakan tersebut dapat dilakukan,makadiperlukan sebuah program aplikasi yang sering disebut dengan web browser.Dengan bantuan web browser pengguna dengan leluasa dapat menampilkan dan mengelola materi yang tersedia di jaringan Internet.
Web browser dapat diasumsikan sebagai alat pemandu pengguna dalam menjelajahi Internet dan mengeksplorasi seluruh informasi yang berada di dalamnya.Beberapa web browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer,Netscape Communicator,dan Mozilla firefox.
Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan aplikasi Internet Explorer sebagai web browser standar,berikut ini diberikan perbandingan kemampuan kinerja antara Internet Explorer dengan beberapa web browser populer lainnya.

1. Membandingkan Internet Explorer dengan Netscape Communicator
Netscape Communicator merupakan paket aplikasi web browser pertama dan terbesar sebelum kehadiran Internet Explorer.Dominasi penggunaan Netscape Communicator mulai berkurang ketika Internet Explorer diperkenalkan pada penggunaan aplikasi web browser ketika mengeluarkan Internet Explorer versi 4.0.Netscape Communicator saat ini telah mengeluarkan aplikasi versi terakhirnya,yaitu Netscape 7 yang memiliki kelebihan pada inovasi interface.Berbeda Internet Explorer yang masih mempertahankan interface lama dan hanya menambahkan beberapa fungsi pada versi terbarunya.Netscape Communicator dikenal memiliki kecermatan dalam menyajikan berbagai fasilitas penunjang aktivitas browsing.Fasilitas web browser,penyusun E-Mail,HTML editor,dan bahkan telepon Internet diintegrasikan dalam satu paket aplikasi.
Namun besarnya aplikasi Netscape Communicator juga mengakibatkan proses aktivitasnya menjadi lebih lambat.Pada aplikasi Internet Explorer,kemampuan kinerjanya lebih ditunjang oleh aplikasi Microsoft Outlook Express,HTML Editor ditunjang oleh MIcrosoft FrontPage.
Beberapa fungsi di dalam aplikasi Internet Explorer dan Netscape Communicator memiliki persamaan kegunaan.Pada tabel di samping dapat dilihat beberapa persamaan dari kedua aplikasi web browser tersebut.
  • Daftar penyimpanan link situs web favorit
Internet Explorer: Favorites
Netscape Communicator:Bookmarks
  • Texbox pengetikan URL
Internet Explorer:Address Bar
Netscape Communicator:Location
  • Memperbaharui tampilan halaman web yang sedang diakses
Internet Explorer:Refresh
Netscape Communicator:Reload
  • Daftar shortcut ke halaman situs web dan folder lokal
Internet Explorer:LInks Bar
Netscape Communicator:Personal Toolbar
  • Menyimpan dan mengupdate halaman favorit agar dapat diakses secara off-line
Internet Explorer:Available offline
Netscape Communicator:Netcaster,Subscribing,Automatic delivery


2. Membandingkan Internet Explorer dengan Opera
Salah satu web browser yang sering digunakan sebagai web browser alternatif adalah Opera.Versi terakhir Opera yang telah dikeluarkan adalah Opera 6.0 yang memiliki kelebihan dan keunikan pada interfacenya,yang merupakan gabungan dari INternet Explorer dan Netscape Communicator.Opera memakai sistem MDI (Multi Document Interface) yang memungkinkan ditampilkannya beberapa window browser dalam satu window utama aplikasi Opera.
Opera dikenal karena memiliki ciri khas sebagai web browser gratis.Disamping itu,ukuran aplikasi Opera relatif lebih kecil dibandingkan dengan INternet Explorer.Sayangnya kemampuan fungsi dan fasilitas yang dimiliki Opera masih terbatas.Sebagai Contoh,pada penanganan data multimedia,Opera lebih tergantung pada aplikasi multimedia tertentu,seperti aplikasi RealAudio yang merupakan fasilitas penunjang Netscape Communicator dan tidak dapat bekerja dengan aplikasi Windows Media Player yang menjadi penunjang INternet Explorer.Demikian juga pada kemampuan penanganan Chache dan penyajian halaman web,Opera masih belum mampu menyaingi kemampuan kerja Internet Explorer maupun Netscape Communicator.

Berdasarkan perbandingan masing-masing web browser,dapat disimpulkan bahwa penggunaan INternet Explorer bagi pengguna sistem Windows sangat disarankan.DIsamping memiliki beberapa kelebihan,aplikasi Internet Explorer dengan dukungan penuh dari sistem Windows menjadi web browser yang sangat efektif.Kelemahan aplikasi Netscape Communicator yang terlalu terbebani oleh berbagai fasilitas dan kekurangan aplikasi Opera yang belum banyak memilki fungsi penunjang dapat diantipasikan oleh Internet Explorer dengan mengintegrasikan beberapa fungsi aplikasinya dengan aplikasi Windows lainnya. Langkah ini dapat mempertahankan kecepatan dan kestabilan INternet Explorer,sekaligus menghasilkan kinerja yang optimal.Pengguna dapat melengkapi Internet Explorer dengan menambahkan fasilitas tertentu dari sebuah aplikasi yang sering disebut dengan plug-in.
Berikut ini akan dijelaskan cara menjalankan web browser menggunakan Internet Explorer,Netscape Communicator,Mozilla,dan Opera.

1. Untuk mengunjungi website tertentu menggunakan web browser Internet Explorer dapat menggunakan cara:pilih dan klik menu Start|Program (Untuk WIndows 98) atau pilih dan klik menu Start|All Programs (Untuk Windows XP),kemudian klik perintah Internet Explorer.
2. Untuk mengaktifkan browser Netscape Communicator dapat menggunakan cara dari menu Start pilih dan klik Program (Untuk WIndows 98)/All Programs (Untuk Windows XP),kemudian klik perintah Netscape Communicator.

3. Untuk mengaktifkan browser Mozilla dapat menggunakan cara dari menu Start pilih dan klik Program (Untuk WIndows 98)/All Programs (Untuk Windows XP),kemudian klik perintah Mozilla.
4. Untuk Mengaktifkan browser Opera dapat menggunakan cara dari menu Start pilih dan klik Program (Untuk Windows 98)/All Programs (Untuk WIndows XP),kemudian klik perintah Opera.

Dari beberapa web browser yang telah kita jelaskan di atas,kita akan membahas lebih detail mengenai browser Internet Explorer,seperti mengenal elemen-elemen Internet Explorer,mengatur Internet Options,berhenti dan mengulangi loading halaman web,menambahkan daftar website ke Favorites,menampilkan website Favorites,mengatur website pada Favorites,dan melihat halaman web yang terakhir dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar