Kamis, 21 Mei 2009

Mengenal Elemen-elemen Internet Explorer

Pada awal pengaktifkan Internet Explorer,pengguna akan melihat tampilan sebuah window yang secara sepintas memiliki susunan dan bentuk yang sederhana.Tampilan window aplikasi yang lazim disebut dengan User Interface,dirancang sedemikian supa sehingga pengguna dapat mengeporasikan Internet Explorer dengan mudah.Berikut ini penjelasan dari masing-masing interface pada Internet Explorer.
a. Title Bar
Title bar terdapat pada bagian paling atas jendela Internet
Explorer.Title bar menampilkan informasi mengenai judul dokumen yang sedang diakses,baik dari halaman web online maupun dari file dokumen di dalam komputer yang ditampilkan melalui aplikasi Internet Explorer.
b. Kontrol Window
Kontrol window merupakan tombol pengatur pada tampilan window yang berada di bagian kanan title bar.Ada tiga tombol pada kontrol window yaitu tombol minimze berfungsi untuk meminimalkan ukuran window,tombol maximze/restore berfungsi untuk memperbesarkan atau mengembalikan ukuran default window,dan tombol close berfungsi untuk menutup window aplikasi.
c. Menu Bar
Menu bar merupakan sederetan teks yang berisi menu-menu utama Internet Explorer seperti menu File,Edit,View,Favorites,Tools,dan Help.Menu bar terletak pada toolbar di bawah title bar.Di dalam menu-menu tersebut terdapat beberapa submenu yang lain seperti Open,Edit,Cut,dan beberapa submenu lainnya.
Berikt ini penjelasan dari masing-masing menu bar.
1. Menu File
Menu File merupakan fungsi perintah pengendali aplikasi Internet Explorer.Di mana perintah yang disajikan melalui menu File merupakan fungsi perintah utama.Pada menu File terdapat beberapa submenu yang memiliki fungsi masing-masing.
Berikut ini penjelasan dari masing-masing submenu yang terdapat pada menu File beserta fungsinya.
a) New, digunakan untuk melakukan tindakan baru setelah aplikasi Internet Explorer diaktifkan.Pada menu ini terdapat beberapa submenu,antara lain.
(1) New|Window , digunakan untuk menampilkan jendela Internet Explorer Yang baru.
(2) New|Message ,digunakan untuk membuat atau menyusun pesan E-mail baru.
(3) New|Post , digunakan untuk mengirimkan pesan-pesan Newsgroup.
(4) New|Contact , digunakan untuk menampilkan atau membuat data baru pada aplikasi Address Book.
(5) New|Internet Call , digunakan untuk mengaktifkan NetMetting atau menampilkan aplikasi telepon Internet.
b) Open, digunakan untuk membuka dokumen atau folder yang berada di dalam komputer pengguna maupun di dalam jaringan Internet Explorer.
c) Edit, digunakan untuk mengganti tampilan teks editor dalam web dengan menggunakan aplikasi HTML editor.
d) Save, digunakan untuk menyimpan halaman web yang sedang diakses.
e) Save As, digunakan untuk menyimpan halaman web sesuai dengan format yang diinginkan,seperti : format web Page , complete:Web archive,Single file:Web Page,HTML only:dan format Text File.
f) Page Setup, digunakan untuk mengatur halaman pencetakan pada halaman web.
g) Print , digunakan untuk mencetak halaman web.
h) Print Preview , digunakan untuk melihat tampilan web sebelum dicetak.
i) Send , digunakan untuk mengirimkan sebuah halaman web yang sedang diakses ke lokasi tertentu sebagai bahan referensi.Menu ini terdiri dari beberapa submenu,antara lain.
(1) Send|Page by E-mail,digunakan untuk mengirim sebuah halaman web kepada orang lain melalui sebuah pesan E-mail.
(2) Send|LInk by E-mail,digunakan untuk mengirim link sebuah halaman web kepada orang lain melalui pesan E-mail.Proses pengiriman menggunakan perintah Send|Link by E-mail sama dengan proses pengiriman menggunakan perintah Send|Page by E-mail,namun dengan perintah Send|Link by E-mail yang dikirimkan hanyalah teks link dari alamat Internet halaman tersebut dan bukan tampilan halaman web.Untuk melihat pesan yang telah diterima,kita dapat mengklik pada teks link dalam pesan E-mail untuk melihat alamat yang direferensikan tersebut.
(3) Send|Shortcut to Desktop , digunakan untuk menampilkan ikon atau tombol shortcut ke sebuah halaman web pada desktop.
j) Import and Export , digunakan untuk mengimpor dan mengeksport file Favorites dan Cookies dari aplikasi web browser di dalam sistem komputer.
k) Properties , digunakan untuk melihat properties informasi secara umum mengenal file halaman web yang sedang diakses.
l) Work Offline , digunakan untuk mengakses informasi dari situs web tanpa melakukan koneksi ke internet.
m) Close . digunakan untuk menutup aplikasi Internet Explorer.

2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk mengelola halaman web yang sedang diakses.Pada menu Edit terdapat lima submenu untuk mengedit atau memanipulasi data atau informasi yang terdapat pada halaman web yang sedang aktif.Menu ini dilengkapi dengan shortcut dan dapat ditampilkan dengan mengklik pada objek yang akan dikelola.
Berikut ini penjelasan dari masing-masing submenu yang terdapat pada menu Edit beserta fungsinya.
a) Cut , digunakan untuk memotong teks yang telah diseleksi pada halaman web dan memindahkannya ke dalam clipboard.
b) Copy , digunakan untuk menyalin bagian data pada halaman web yang telah diseleksi ke dalam clipboard.
c) Paste , digunakan untuk menyisipkan data yang tersimpan di dalam clipboard ke lokasi yang diinginkan.
d) Select All , digunakan untuk memilih atau menandai seluruh isi dokumen atau elemen pada halaman web.
e) Find , digunakan untuk mencari kata atau kalimat tertentu yang terdapat pada dokumen atau halaman web yang aktif.

3. Menu View
Menu View merupakan salah satu perintah yang digunakan untuk mengatur tampilan dalam mengakses halaman web.Kita dapat mengatur tampilan web tersebut dengan memilih submenu sesuai fungsi yang kita inginkan.
a) Toolbars , digunakan untuk mengatur tampilan pada toolbar Internet Explorer.Bagian yang dapat ditampilkan sebagai berikut.
(1) Standard Buttons
Standard Buttons merupakan tampilan ikon yang terdapat pada toolbar.Secara default,fungsi Standard Buttons dalam keadaan aktif akan ditampilkan dengan tanda cek/pilih.Jika kita menghilangkan tanda cek atau tanda pilih pada pilihan Standard Buttons,maka ikon akan disembunyikan.
(2) Address Bar
Seperti halnya Standard Buttons,Adress Bar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengaktifkan atau menghilangkan tanda cek/pilih pada fungsi Address Bar.Jika tampilan Address Bar tidak diaktifkan,kita dapat melakukan pengetikan alamat Internet melalui fungsi Open dari menu File atau dengan menekan Ctrl+O.
(3) Links
Menu Links yang berada di sisi kanan atau bawah Address Bar menyajikan rangkuman alamat situs web tang sering diakses pengguna.Daftar alamat Internet tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pengaksesan ulang pada situs web yang terangkum.Menu ini dapat ditampilkan dan disembunyikan dengan cara mengklik pada fungsi Links.
(4) Lock the Toolbars
Fungsi Lock the Toolbars digunakan untuk mengunci tampilan toolbar sehingga posisi toolbar yang sudah diatur sebelumnya tidak dapat diubah-ubah.Apabila fungsi Lock tidak diaktifkan,maka tampilan menu di dalam toolbar dapat dimodifikasi dan diubah-ubah posisinya melalui tindakan drag.
(5) Customize
Fungsi Customize digunakan untuk mengatur tampilan menu ikon pada toolbar.Apabila perintah Customize diklik maka akan tampil kotak dialog Customize Toolbar yang berisi daftar ikon yang sudah ditampilkan maupun yang belum ditampilkan.Fungsi Customize juga dapat ditampilkan melalui klik kanan pada toolbar menu ikon.
b) Status Bar digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan elemen status bar pada halaman Internet Explorer yang tampak di layar monitor dengan cara memilih dan mengklik perintah status bar.
c) Explorer Bar , digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan jendela Explorer Bar pada halaman Internet Explorer yang terlihat pada layar monitor.Kita dapat menampikan jendela Explorer Bar dengan memilih dan mengklik perintah tersebut.
d) Go To , digunakan untuk menampilkan kembali halaman web yang sebelumnya telah dibuka atau kembali ke awal halaman yang telah diakses sebelumnya.
e) Stop , digunakan untuk menghentikan proses pengaksesan pada sebuah situs web yang belum selesai.
f) Refresh , digunakan untuk menampilkan atau mengulang kembali akses pada halaman web yang tidak sempurna atau menyegarkan kembali akses halaman web aktif yang telah dikunjungi dalam web cukup lama.
g) Text Size , digunakan untuk mengatur ukuran teks atau huruf teks menjadi lebih kecil,sedang,dan lebih besar dari dokumen yang sedang diaktifkan.
h) Encoding , digunakan untuk menentukan bahasa yang dipakai pada halaman web yang aktif .
i) Source , digunakan untuk menampilkan file halaman web berdasarkan susunan kode HTML.
j) Privacy Report , digunakan untuk melihat pernyataan tentang kebijakan privasi yang disediakan sebuah situs web.Privacy Report berisi informasi tentang halaman web yang sudah dibuka.
k) Script Debugger , digunakan untuk menampilkan kesalahan perintah yang kita masukan.
l) Full Screen , digunakan untuk menampilkan halaman web satu layar penuh sehingga informasiyang tersaji dapat dibaca dengan leluasa tanpa baris judul (Title Bar),baris status (status Bar), dan baris menu (manu Bar).
4) Menu Favorites
Menu Favorites digunakan untuk menyimpan dan mengelola link pada website.Dengan menambahkan link website,kita tidak perlu mengingat alamat internet dari website tersebut sehingga memudahkan kita dalam mengaksesnya.Selain itu,kita juga dapat menikmati informasi pada situs web favorite secara off-line.
Berikut ini penjelasan dari masing-masing submenu yang terdapat pada menu Favorites beserta fungsinya.
a) Add to Favorites , digunakan untuk menyimpan web atau homepage yang diinginkan ke dalam folder Favorites untuk diakses kembali di lain waktu.
b) Organize Favorites , digunakan untuk mengelola halaman web atau homepage yang terdapat pada folder Favorites agar lebih rapih dan mudah untuk diakses kembali.Pengelolaan yang dapat dilakukan pada halaman web atau homepage,seperti membuat folder baru,mengklasifikasikan file ke dalam folder,mengganti nama folder atau file,menghapus folder atau file,dan menetapkan fungsi off-line.
c) Item lain ini berisi daftar alamat yang pernah disimpan ke dalam folder favorites dan jumlahnya tergantung dari alamat yang pernah kita simpan pada folder tersebut.
5) Menu Tools
Menu Tools digunakan untuk menampilkan fasilitas khusus yang dimiliki oleh aplikasi INternet Explorer,seperti untuk mengakses Ountlook Express,melakukan sinkronisasi semua ini data yang dapat ditampilkkan secara off-line dan meng-update komponen Windows dari Internet.
a) Mail and News,digunakan untuk mengelola pengiriman dan penerimaan pesan E-mail dan E-news melalui aplikasi di dalam Internet Explorer.Pada Mail and News terdapat beberapa submenu antara lain.
(1) Read Mail ,digunakan untuk membaca pesan E-mail yang diterima melalui program klien E-mail.
(2) New Message ,digunakan untuk menyusun dan mengirim pesan E-mail baru.
(3) Send a Link ,digunakan untuk mengirimkan sebuah link web melalui pesan E-mail.
(4) Send Page , digunakan untuk mengirimkan halaman web aktif melalui pesan E-mail.
(5) Read News ,digunakan untuk membaca pesan dari server newsgroup.
b) Synchronize,digunakan untuk memperbarui atau meng-update halaman situs web favorit sehingga informasi yang akan diakses secara offline akan tersaji secara up to date.
c) Window Update,digunakan untuk meng-update sistem operasi windows beserta aplikasi penunjang lainnya yang terdapat pada sistem komputer pengguna.
d) Show releted Links,digunakan untuk melihat daftar link referensi situs web yang memiliki keterkaitan dengan halaman web yang sedang diakses.
e) Internet Options,digunakan untuk mengatur aplikasi Internet Explorer secara menyeluruh,seperti mengatur tampilan awal Internet Explorer dan cara berkoneksi dengan Internet Explorer.
6) Menu Help
Menu help berfungsi untuk membantu pengguna mencari solusi saat menemui kesulitan atau hal-hal yang kurang dipahami dalam menjalankan aplikasi Internet Explorer.
a) Contents and Index,digunakan untuk menyajikan menu bantuan dalam beberapa metode pencarian.Kita dapat melakukan pencarian topik tertentu melalui metode pencarian yang paling sesuai dengan keinginan kita.Beberapa metode pencarian bantuan antara lain.
(1) Contents
Dengan fungsi Contests,kita dapat mencari penjelasan suatu topik berdasarkan link judul topik yang disediakan.Topik dibagi menjadi beberapa kategori dan masing-masing memiliki beberapa subtopik yang dapat ditampilkan dengan cara mengklik.
(2) Index
Dengan fungsi Index,kita dapat mencari penjulasan atas suatu topik berdasarkan daftar teks yang disusun berdasarkan urutan abjad.Kita dapat menampilkan topik yang tersedia dengan melakukan klik ganda(double click) pada teks sesuai dengan topik yang kita kehendaki di dalam daftar.Jika topik yang ditemukan lebih dari satu,kita akan minta memilih salah satu topik pada menu Topics Found yang ditampilkan.
(3) Search]
Dengan fungsi search,kita dapat melakukan pencarian bantuan berdasarkan kata kuci tertentu dengan cara menuliskan kata kunci pencarian pada textbox Search,kemudian tunggu beberapa saat sampai kata kunci pencarian akan ditampilkan pada daftar hasil pencarian.Klik ganda pada salah satu topik hasil pencarian maka halaman uraian dan penjelasan topik akan ditampilkan pada kolom di sebelah kanan.
(4) Favorites
Dengan fungsi Favorites,kita dapat menyimpan topik tertentu dari hasil pencarian yang dianggap penting.Pada kategori Favorites,pastikan topik yang dikehendaki ditampilkan pada textbox Current topic.Klik tombol Add maka topik tersebut akan dimasukan dalam daftar topik favorit.Klik topik dan klik tombol Display untuk menampilkan halaman uraian dan penjelasan topik pada kolom di sebelah kanan.Klik topik dan klik tombol Remove untuk menghapus topik tersebut dari daftar topik favorit.
b) Tip of the Day,digunakan untuk menampilkan berbagai petunjuk penggunaan aplikasi Internet Explorer bagi pengguna melalui window yang ditampilkan.Untuk mempelajari berbagai tip yang diberikan,klik teks link Next tips pada bagian kanan window.Fungsi ini juga dapat ditampilkan melalui Explorer Bar pada menu View.
c) For Netscape Users,digunakan untuk memberikan tip dan petunjuk bagi pengguna yang sebelumnya sudah terbiasa melakukan browsing Internet menggunakan web browser Netscape Comunicator.Pada menu bantuan,pengguna dapat mempelajari cara memanfaatkan kedua web browser secara bersama-sama.
d) Online Support,digunakan untuk mengirimkan pertanyaan dan masalah mengenai penggunaan aplikasi Internet Explorer secara on-line kepada tim pengembang Internet Explorer.
e) Send Feedback,digunakan untuk mengirimkan kritik,pesan,dan saran secara on-line kepada tim pengembang aplikasi Internet Explorer.
f) About Internet Explorer,digunakan untuk mengetahui versi pembuatan aplikasi Internet Explorer dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi Internet Explorer.

d) Toolbar
Pada jendela Internet Explorer terdapat toolbar yang berisi tombol-tombol perintah yang sering digunakan untuk surfing di Internet.Fungsi tombol yang ditampilkan pada toolbar dapat disesuaikan dengan kebutuhan karena tidak semua perintah yang terdapat pada menu mempunyai tombol shortcyt pada toolbar.
1. Tombol Back
Tombol back digunakan untuk menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi sebelum mengakses halaman web aktif.Tombol ini tidak dapat digunakan jika kita berada pada halaman web tampilan awal homepage.Fungsi tombol Back dapat diasumsikan sebagai tindakan mundur satu langkah.
2. Tombol Fordward
Tombol Fordward memiliki kebalikan dari tombol Back.Tombol Fordward digunakan untuk menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi sesudah mengakses halaman web aktif.Tombol ini dapat digunakan jika kita berada pada halaman web tampilan terakhir.
3. Tombol Stop
Pada saat tertentu,akses pada sebuah situs web berjalan sangat lambat yang disebabkan oleh beberapa hal.Dengan tombol Stop,kita dapat menghentikan proses penampilan halaman web yang belum selesai dengan cara mengklik tombol tersebut.
4. Tombol Refresh
Tombol Refresh digunakan untuk mengulang kembali browsing yang gagal dengan alamat yang sama pada sebuah halaman situs web.Fungsi tombol Refresh sama dengan perintah Refresh yang terdapat pada menu View.
5. Tombol Home
Tombol Home digunakan untuk kembali ke tampilan homepage.Yang dimaksud homepage adalah halaman awal yang disajikan pada saat Internet Explorer dijalankan.
6. Tombol Search
TOmbol Search digunakan untuk menampilkan jendela pencarian.Perintah Search dapat diaktifkan melalui submenu Explorer Bar yang terdapat pada menu View.
7. Tombol Favorites
Tombol Favorites digunakan untuk menampilkan Explorer Bar fasilitas Favorites.Folder Favorites yang telah dimiliki pengguna akan disajikan pada Explorer Bar.Fungsi tersebut dapat diaktifkan melalui submenu Explorer Bar yang terdapat pada menu View.
8. Tombol Media
Tombol Media berfungsi untuk menampilkan Explorer Bar fasilitas Media.kita dapat mengakses data audio-visual melalui media layar yang ditampilkan.Fungsi tersebut dapat diaktifkan melalui submenu Explorer Bar yang terdapat pada menu View.
9. Tombol History
Tombol History digunakan untuk menampilakan Explorer Bar fasilitas History.Dengan tombol ini,kita dapat mengakses kembali situs web yang telah dikunjungi sebelumnya melalui daftar yang telah disajikan.Fungsi ini juga dapat diaktifkan melalui submenu Explorer Bar yang terdapat pada menu View.
10. Tombol Mail
Tombol Mail digunakan untuk menampilkan menu perintah Mail dan News.Penggunaan masing-masing perintah sama dengan penggunaan fungsi Mail dan News yang terdapat pada menu Tools.
11. Tombol Print
Dengan tombol Print yang terdapat pada toolbar,kita dapat mencetak halaman web yang sedang dibuka.Internet Explorer akan diasumsikan pengaturan teknis pencetakan telah dibuat dan langsung melakukan pencetakan.
12. Tombol Edit
Tombol Edit diguunakan untuk menjalankan program HTML editor yang telah ditentukan sebagai aplikasi penunjang INternet Explorer.
13. Tombol Discuss
Tombol Discuss digunakan untuk menampilkan fasilitas Discuss.Kita dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menyimpan,melihat dan mengelola file dan folder pada sebuah web server,serta mendiskusikan materinya bersama pengguna lain.Kita harus memiliki akses pada suatu server web agar dapat memanfaatkan fasilitas discuss.Fasilitas discuss hanya dapat dijalankan jika pada server web tujuan terpasang fasilitas Microsoft Office Server Extensions,yaitu aplikasi penunjang kinerja berbagai fungsi Microsoft Office pada sebuah server web.

e. Address Bar
Address Bar merupakan kolom untuk mengetikan alamat Internet (URL)untuk memulai akses ke halaman web harus mengetikan alamat halaman tersebut pada kolom yang telah disediakan.Untuk menjalankan perintah dapat dilakukan dengan menekan tombol ENTER atau mengklik tombol GO di samping Address Bar.Di sebelah pojok kanan kotak Address bar terdapat tombol drop down yang berfungsi untuk menampilkan alamat-alamat web yang kita kunjungi terakhir kali.Kunci utama pengakseskan informasi Internet terletak pada pengisian alamat Internet yang kita ketikkan pada Address Bar.Jika alamat yang kita ketikkan pada Address bar tidak tepat maka tampilan informasi tidak dapat disajikan.

f. Scroll Bar
Scroll Bar terletak pada sisi kanan dan bagian bawah dari jendela Internet Explorer.Scroll bar berfungsi untuk menggulung tampilan halaman web agar seluruh informasi dapat dibaca oleh pengguna.Bagian halaman yang tidak terlihat dapat ditampilkan dengan mengklik atau drag scroll bar,dapat juga dengan menggeser tampilan halaman melalui tombol panah pada keyboard.

g. Status Bar
Status bar terletak pada bagian kiri bawah tampilan window Internet Explorer.status bar digunakan untuk menampilkan status dari situs web yang sedang dibuka.Tulisan yang tertera pada status bar dapat berubah-ubah sesuai kondisi.Status bar akan menampilkan pesan "Done" jika proses selesai dan berhasil dilakukan Tampilan Status bar dapat disembunyikan dengan menghilangkan tanda pilih status bar di dalam menu View.

h. Logo Animasi
Logo animasi digunakan sebagai indikator proses download halaman web.Logo animasi ini berupa globe dan bendera khas windows yang terdapat pada bagian sudut toolbar di bawah title bar. Logo berupa globe dan bendera khas windows akan ditampilkan pada saat Internet Explorer sedang melakukan proses penyajian halaman web.Globe akan dianimasikan dan berhenti setelah proses selesai.

i. Links Bar
Links Bar digunakan untuk menyimpan dan menampilkan alamat Internet yang sering dikunjungi.Links Bar terletak di sebelah kanan tombol Go address.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar